Nord Articles

Posts, News, and Articles from the Nord Region

Ikrar Inayat: Konser Perdana KMKI Aachen Choir

Blog Single

Tanggal 20 Oktober 2023 silam ada sesuatu yang berbeda sekali di Heilig Kreuz Kirche, tempat dimana KMKI Aachen biasa mengadakan misa bulanan mereka. 200 penonton, orang jerman maupun non jerman hadir ke gereja ini, memenuhi semua kursi yang ada disitu. Setelah semua orang duduk, tepat pukul 20.00 tiba-tiba seluruh lampu mati, dimulai dengan permainan piano „Fragmen oleh Jaya Suprana“. Setelah kata sambutan sehabis itu, munculah KMKI Aachen Choir dari belakang gereja dengan gelas-gelas di tangan mereka, siap menampilkan lagu „Stars oleh Erik Esenvald“. Pada saat itu konser Ikrar Inayat dimulai.

Beberapa bulan sebelumnya, KMKI Aachen Choir diundang oleh pihak Heilig Kreuz Kirche untuk membantu memeriahkan acara Nacht der offenen Kirchen. Nacht der offenen Kirchen adalah sebuah acara setahun sekali, dimana seluruh gereja di Aachen membuka pintu mereka dan menampilkan beberapa pertunjukan untuk umum seperti penampilan paduan suara, band jazz, drama dll. Ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk memperkenalkan diri, kemampuan, serta kultur mereka didepan umum.

Mereka pun berlatih intensif, lima hari seminggu, selama tiga bulan, mempersiapkan tujuh lagu berbeda yang tentunya indah dan unik, karena mereka menggunakan instrumen khusus seperti gelas untuk lagu „Stars“ dan memperkenalkan sebuah lagu daerah Indonesia „Paris Barantai, Arr. Ken Steven“ dengan koreografinya yang dinamis. Tetapi acara ini tidak hanya dimeriahkan oleh mereka. Beberapa individu di KMKI Aachen Choir memberikan penampilan seperti permainan piano khusus, medley lagu dan bahkan mengajak penonton dalam permainan „Cublak-Cublak Suweng“ .

Persiapan konser ini tentunya tidaklah mudah. Ada banyak sekali perjuangan dan kerja keras untuk menyempurnakan semua lagu tersebut. Melatih koreografi, mempelajari lagu-lagu asing dan bahkan menyeimbangkan latihan dengan belajar selama Klausurphase adalah halangan-halangan yang mereka hadapi. Namun pada akhirnya semua kerja keras itu terbayarkan dengan reaksi puas para penonton. Konser diakhiri dengan standing ovation para penonton dan bunga-bunga yang diberikan kepada anggota paduan suara, menutup konser perdana KMKI Aachen Choir. Semoga dengan kesuksesan konser ini, KMKI Aachen Choir dapat semakin menjadi lebih besar, lebih terampil dan antusias untuk selalu menampilkan yang terbaik.