Pusat Articles

Posts, News, and Articles from the Pusat Region

Natal Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia di Berlin (KMKI Berlin) 2023 dan Operet

Blog Single

Sudah menjadi tradisi KMKI Berlin pada setiap tahunnya mengadakan perayaan Natal. Namun perayaan Natal tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ya, “Operet is back”. Operet juga sudah menjadi ciri khas bagi KMKI Berlin pada perayaan Natal. Setelah vakum selama 3 tahun akibat Pandemi, kini KMKI Berlin mengadakan kembali Operet pada Acara Natal tahun 2023. Rangkaian Acara dimulai dengan misa Natal di Gereja St. Augustinus Berlin. Misa dimulai pukul 4 sore dan diawali dengan maklumat dan prosesi masuk, dimana Pater Dion selaku Pamong Rohani dan para liturgis memasuki gereja sambil membawa salib, kitab suci, dan lambang-lambang keagamaan. Misa ini juga diiringi oleh suara-suara merdu dari Choir KMKI Berlin, yang membawakan lagu-lagu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan juga Jerman. Misa Natal tidak hanya dihadiri oleh Mahasiswa Katolik Indonesia di Berlin tetapi juga Masyarakat Katolik Indonesia dan tentunya juga terbuka untuk warga Berlin lainnya.

Setelah misa selesai, para umat diundang untuk menghadiri Acara Natal KMKI Berlin yang diadakan di Pfarrsaal Gereja St. Augustinus. Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Natal, Bapak Kolonel Budi Wibowo selaku Atase Pertahanan KBRI Berlin yang juga mewakili KBRI Berlin, dan Pater Dion dan dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan menu makanan Indonesia, yaitu Ayam Goreng, Bakmi Goreng dan juga Capcay.

Setelah makan malam, acara yang ditunggu-tunggu pun tiba. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan Operet Natal yang berjudul „Tragedi Pesta Berdarah 1967“ yang diperankan oleh anggota-anggota KMKI Berlin. Operet ini terbagi menjadi 2 part, dimana di tengah nya diselipkan break session dan juga pengumuman pemenang Tombola. Selama acara juga disediakan berbagai jenis minuman seperti Wedang Jahe, berbagai teh dan juga minuman bersoda. Terdapat juga snacks enak yang dijual seperti Chocolate Chip Cookies dan Bakpia Khas Yogyakarta.

Selesainya Operet Natal menandakan akhir dari Acara Natal KMKI Berlin tahun ini. Di penghujung acara diadakan sesi foto bersama. Para tamu juga dapat berfoto di Photobooth yang sudah disediakan. Jumlah peserta yang hadir diluar ekspektasi kami, yaitu hampir 200 Peserta. Acara Natal KMKI Berlin tahun ini juga dihadiri oleh Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman, Bapak Fajar Wirawan Harijo. KMKI Berlin mendapatkan banyak feedback positif dari acara yang dilaksanakan. Semoga kebahagian Natal yang kami rasakan juga boleh dirasakan oleh para peserta yang hadir dalam acara tersebut. Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024!